Tuesday, March 11, 2014

SEMANGKA

Semangka atau tembikai (Citrullus lanatus, suku ketimun-ketimunan atau Cucurbitaceae) adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan.
Tanaman ini masih sekerabat dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), melon (Cucumis melo) dan ketimun (Cucumis sativus). Semangka biasa dipanen buahnya untuk dimakan segar atau dibuat jus. Biji semangka yang dikeringkan dan disangrai juga dapat dimakan isinya (kotiledon) sebagai kuaci.

Sebagaimana anggota suku ketimun-ketimunan lainnya, habitus tanaman ini merambat namun ia tidak dapat membentuk akar adventif dan tidak dapat memanjat. Jangkauan rambatan dapat mencapai belasan meter.
Buah Semangka memiliki berbagai macam kandungan Vitamin antara lain:
Vitamin A 3%
Vit.B1 0.033mg (3%)
Vit.B2 0.021 mg(1%)
Vit.C 8.1mg(14%)

Manfaat Buah Semangka antara lain:

1.    Menambah Tingkat Kesuburan Pria
Percobaan dilakukan oleh All India Institute of Sciencces New Delhi pada 30 pria yang tidak subur dengan usia sekitar 23-45. Para pria tersebut diberikan 20 mg lycopene dua kali dalam sehari selama 3 bulan.
Hasilnya, mereka mengalami peningkatan jumlah sperma, peningkatan pergerakan sperma, dan juga adanya perbaikan struktur sperma. Dan dari 30 pria tersebut, ada 6 orang diantaranya yang kemudian berhasil menghamili istrinya.

2.    Mempertahankan Fisik dan Mental Para Lansia
Lycopene yang terkandung dalam buah Semangka juga sangat bermanfaat dalam mempertahankan fungsi mental dan fisik pada para lansia.
Lycopene yang telah masuk ke dalam aliran darah akan menangkap radikal bebas dan sel-sel tua dan juga memperbaiki sel-sel yang telah mengalami kerusakan.

3.    Mempercepat Proses Penyembuhan
Selain lyopene, buah Semangka juga mengandung citrulline, asam amino yang baik digunakan dalam pembelahan sel dan proses penyembuhan luka. Citrulline itu biasanya terkandung dalam bagian putih buah Semangka yang biasanya tidak dimakan.

4.    Melawan Infeksi
Jumlah betakaroten yang rendah dalam tubuh sangat rentan terhadap infeksi virus dan masalah penglihatan.

Dan tahukah Anda bahwa dua gelas Semangka saja sudah dapat menyediakan seperempat keburuhan betakaroten harian Anda yang digunakan tubuh untuk membuat vitamin A.

Selain itu banyak manfaat semangka antara lain:
-Dapat dipakai untuk menurunkan demam
-Mencegah sariawan dengan ampuh
-Mempergiat kerja jantung
-Antioksidannya termasuk betakaroten dan vitamin C membantu sel-sel tubuh tetap sehat.
-Aangat baik bagi pengidap hipertensi. Kandungan air dan kaliumnya yang tinggi bisa menetralisasi tekanan darah.
 -Berfungsi untuk merangsang keluarnya air seni lebih deras sehingga sangat baik untuk mereka yang mengalami gangguan buang air kecil.
 -Semangka akan memenuhi 11% kebutuhan tubuh terhadap vitamin A dan dengan sepotong Semangka, 

No comments:

Post a Comment