Sunday, March 9, 2014

SALAK



Buah salak yang memiliki Nama Ilmiah yakni Salacca zalacca, Kulit buah salah mempunyai sisik dan berwaran Kecoklatan, Sementara buahnya mempunyai Warna Putih bersih di dalamnya terdapat Biji bulat yang berwarna hitam kecoklatan, buah salak biasanya dapat dengan mudah kita dapatkan di Pasar Buah atau pun di Supermarket terdekat yang ada di daerah kita.
Salak adalah sejenis palma dengan buah yang biasa dimakan. Ia dikenal juga sebagai sala (Min., Mak., Bug.,dan Thai). Dalam bahasa Inggris disebut salak atau snake fruit, sementara nama ilmiahnya adalah Salacca zalacca. Buah ini disebut snake fruit karena kulitnya mirip dengan sisik ular.

Manfaat salak bagi kesehatan kita antara lain:

1. Manfaat salak bagi ibu hamil
Ibu hamil sangat membutuhkan asupan gizi seimbang untuk pertumbuhan dan perkembangan janin yang dikandungnya, sementara dalam buah salak telah memenuhi standar komposisi gizi dalam buah.

2.Salak bermanfaat juga sebagai obat mata.
Berdasarkan penelitian para ahli dibidang kesehatan, ternyata buah salak mengandung Betakaroten yang tentu sangat bagus buat kesehatan mata. Betakaroten adalah salah satu zat anti oksidan yang banyak terdapat dalam sayuran seperti wortel.

3. Buah salak membantu program diet
Salak mengandung vitamin C, 2mg di dalam salak juga mengandung serat yang memberikan efek kenyang lebih lama sebab memerlukan waktu dalam proses penyerapan dalam usus. Kandungan gizi salak antara lain kalori, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C dan B juga air.

4. Salak Bermanfaat untuk obat diare.
Jika anda sering mengalami gangguan masalah seputar perut, mencret misalnya anda bisa manfaatkan buah salak sebagai obat dengan mengkonsumsi sebanyak 20 gram daging buah salak yang masih muda.

5. Buah salak juga sangat baik untuk kesehatan kuku dan kulit anda.



No comments:

Post a Comment