Sunday, March 9, 2014

PEPAYA


Pepaya (Carica papaya L.), atau betik adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam di seluruh daerah tropis untuk diambil buahnya.
papaya adalah satu-satunya jenis dalam genus Carica.
Buah pepaya dimakan dagingnya, baik ketika muda maupun masak. Daging buah muda dimasak sebagai sayuran. Daging buah masak dimakan segar atau sebagai campuran koktail buah. 

Pepaya dimanfaatkan pula daunnya sebagai sayuran dan pelunak daging. Daun pepaya muda dimakan sebagai lalap (setelah dilayukan dengan air panas) atau dijadikan pembungkus buntil. Oleh orang Manado, bunga pepaya yang diurap menjadi sayuran yang biasa dimakan. Getah pepaya (dapat ditemukan di batang, daun, dan buah) mengandung enzim papain, semacam protease, yang dapat melunakkan daging dan mengubah konformasi protein lainnya. Papain telah diproduksi secara massal dan menjadi komoditas dagang.

Manfaat Pepaya bagi kesehatan kita antaralain:

1. Pepaya banyak mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata,

2. Pepaya juga memperlancar pencernaan bagi yang sulit buang air besar.

3.Pada pengobatang herbal pepaya dapat mencegah kanker, sembelit, kesehatan mata.

4. Membantu penyembuhan luka
Buah pepaya mempunyai kulit yang berkhasiat untuk menyembuhkan luka pada kulit anda.

5. Menjaga kesehatan rambut
Dengan mengkonsumsi buah pepaya secara rutin anda dapat menjaga kesehatan rambut serta kulit kepala. Ini lebih baik daripada harus menggunakan shampoo yang mengandung bahan kimia.


No comments:

Post a Comment