Saturday, March 8, 2014

BUAH MANGGIS (Garcinia mangostana)

Buah Manggis yang terhasil dari Pokok Manggis merupakan sejenis buah yang boleh dimakan mentah. Buah Manggis memiliki kulit lembut yang tebal dan berwarna ungu pekat yang melindungi isinya yang bewarna putih dan boleh dimakan. Buah manggis dikenali sebagai "ratu segala buah". Buah manggis mempunyai kulit tebal yang tidak boleh dimakan dan mempunyai isi yang putih dan manis. Kulit manggis mempunyai pewarna/getah yang sukar hilang sekiranya terkena baju.
Buah manggis kaya akan vitamin B1, B2 dan C, serta kalsium, potassium, sodiumdan zat besi. Manggis juga mengandung XANTHONE, mangostin, garsinon, flavonoid, epicatechin, spingomyolinase dan gartanin. Dalam kulit buahnya, kandungan XANTHONE yang tertinggi, yaitu 40 persen. Dengan kandungan XANTHONE yang tinggi(123,97 mg/ml), dalam kulit buah manggis yang mana dapat membunuh penyakit dan memperbaiki sel yang telah rusak serta melindungi sel-sel di dalam tubuh. XANTHONE adalah substansi kimia alami, yang tergolong senyawa polyhenolic yang dapat digunakan sebagai zat untuk mengatasi berbagai penyakit. XANTHONE memiliki manfaat sebagai pengobatan untuk penyakit jantung, aterosklorosis (plak di pembuluh darah), hipertensi dan trombosis.

Kandungan antioksidannya yang tinggi membuat manggis dikatakan sebagai antikanker. Pasalnya, dapat mendorong sel kanker untuk melakukan apoptosis atau pemusnahan sel kankernya. Selain itu, sifat kulit manggis adalah antiproliferasi yaitu menghambat pertumbuhan sel kanker. Kanker yang dapat diobati oleh antioksidan kulit manggis ini adalah kanker payudara, kanker darah (leukimia), kanker lambung, kanker paru-paru, kanker kolon (usus besar) dan kanker hati. Kulit buah manggispun dapat dijadikan obat kemotherapi dan mengurangi dampak dari kemotherapi. XANTHONE juga dikatakan sebagai anti bakteri karena dapat menghambat pertumbuhan bakteri Mycobacterium tubercolosis (TBC) dan Staphylococcus aureus (bakteri penyebab infeksi dan gangguan pencernaan).

Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan Kita adalah:

1. Mencegah Kanker
Senyawa xamthone atau senyawa anti-kanker yang terdapat pada buah manggis bermanfaat baik untuk memperlambat proses tumbuhnya sel-sel kanker pada usus besar, dan kanker hati. Bahkan kandungan xanthone juga mampu memperlambat pertumbuhan sel-sel penyebab penyakit leukemia.

2. Menangkal Radikal Bebas Dan Kekebalan Tubuh
Catechins yang ada pada buah manggis ternyata dapat mengalahkan Vitamin C serta vitamin E yang ada dalam tubuh kita. Padahal dengan Vitamin C dan E inilah yang berguna untuk menangkal tubuh dari adanya radikal bebas. Nah usahakan konsumsi buah manggis setiap hari rutin supaya anda dapat terhindar dari dari radikal bebas, dan tentunya anda juga akan mendapatkan cadangan antioksidan alami yang  melimpah dari buah manggis.

3. Menghilangkan Rasa Sakit
Jika anda mengkonsumsi jus buah manggis setiap hari maka dapat membanti mengurangi rasa nyeri. Teori ini sudah banyak dibuktikan oleh beberapa ahli dengan beberapa responden.

4.Mencegah Batu Ginjal
Seseorang yang mengkonsumsi buah manggis maka akan sering mengalami buang air kecil, hal inilah yang bisa menghindarkan anda dari penyakit batu ginjal.untuk mendapatkan manfaatnya usahakan konsumsi buah manggis rutin minimal 3 ons dalam tiap harinya.

5. Untuk Menurunkan Berat Badan
Ternyata kandungan Xanthone selain bermanfaat untuk mencegah penyakit diabetes dan penyakit jantung, zat Xanthone ini juga bermanfaat untuk melunakkan kembali sel-sel membrane yang sudah membesar dan mengeras bersama besarnya tubuh kita.

No comments:

Post a Comment